SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Rabu, 25 Agustus 2010

RPP TIK Kelas XII Semester 1 TH.2010/2011 Pertemuan ke 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 4

Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
: 2 x 35 menit

Standar Kompetensi :
1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik

Kompetensi Dasar:
1.2 Menggunakan efek standar pada Adobe Photoshop 7.0

KKM :
1. 76,50

Indikator:
 Menggunakan menu dalam Adobe Photoshop 7.0 untuk mengatur pewarnaan pada objek

1. Tujuan Pembelajaran
 Siswa mampu menentukan menu untuk mengatur pewarnaan objek
 Siswa mampu menggunakan beberapa efek untuk mengubah pewarnaan pada objek

2. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Praktikum

3. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
 Memeriksa kehadiran siswa 3 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
 Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan 2 Menit
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini.
 Apersepsi tentang design grafis 4 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang menu dan efek apa saja yang bisa dilakukan dengan adobe photoshop 7.0 untuk mengatur warna objek.
 Motivasi keunggulan computer 6 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa tentang kegiatan yang bias kita lakukan jika kita menguasai beberapa menu dan efek pada Adobe Photoshop untuk mengolah pewarnaan bitmap.

b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan cara menggunakan beberapa efek pada Adobe Photoshop 7.0 dengan praktikum langsung dan siswa mengikuti kegiatan dengan praktikum sendiri untuk mengubah pewarnaan objek.
Materi :
1. Brightness/Contrast
Brightness/Contrast digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan pada gambar. Tingkat pencahayaan disini adalah untuk membuat lebih terang atau sebaliknya membuat gambar menjadi lebih gelap.
Untuk menggunakan menu ini bisa dilakukan dengan cara klik menu image adjusments  brightness/contrast.

Pengaturan brightness digunakan untuk menentukan tingkat pencahayaan, ketika brightness ditambah atau digeser ke kanan maka gambar akan semakin terang dan sebaliknya.
Contrast digunakan untuk menajamkan gambar setelah pengaturan brightness, semakin ke kanan maka gambar akan semakin tajam dan sebaliknya. Pengaturan brightness maupun contrast tidak ada patokan nilainya harus berapa melainkan menyesuaikan dengan kondisi gambar yang akan diubah.
Pada contoh dibawah kita akan mencoba melakukan pengaturan terhadap gambar.
Gambar awal :

Perhatikan pada gambar, kita akan mengubah gambar tersebut dengan brightness/contrass. Ketika kita geser brightness ke arah kanan atau ditambah nilainya maka gambar akan menjadi seperti berikut ini :

Ketika kita menurunkan nilai brightness, atau kita geser ke kiri hasilnya akan tampak seperti berikut :

Semakin ke kiri maka gambar akan semakin gelap. Setelah kita tentukan brightness maka kita tentukan contrast untuk menentukan ketajaman gambar. Lihatlah hasilnya seperti dibawah ini :


2. Levels
Levels digunakan untuk mengatur nilai gelap, terang dan abu-abu pada gambar. Penggunaan levels menghasilkan pewarnaan yang lebih bagus dibandingkan kita menggunakan brightness/contrast.
Untuk menggunakan menu ini, bisa dilakukan dengan cara menekan menu image adjusmentslevels atau dengan menekan Ctrl+L pada keyboard secara bersama-sama. Berikut ini adalah cara mengaktifkan menu levels dan tampilan dari jendela levels.


Cara kerja dari menu levels adalah dengan menggeser tombol pewarnaan pada kiri ke kanan untuk menambah warna gelap dan tombol kanan ke kiri untuk menambah warna terang, geser tombol warna tengah ke kanan atau kiri untuk menambah gelap atau terangnya sebuah gambar.
Aktifkan checklist pada preview untuk melihat hasilnya secara langsung ketika kita melakukan perubahan dengan menggunakan levels.

3. Curves
Menu curves fungsinya hampir sama dengan levels. Perbedaannya dengan menggunakan curves kita memperbaiki gambar dengan menggunakan garis kurva. Untuk mengaktifkan menu ini lakukan langkah berikut, klik menu imageadjusmentscurves atau dengan menggunakan keyboard tekan tombol Ctrl+M secara bersamaan.

Dalam menu curves terdapat tombol auto. Tombol ini berfungsi untuk memperbaiki kecerahan gambar secara otomatis.
Pada combo channel terdapat empat pilihan RGB, Red, Green dan Blue. Lakukan perubahan pada channel dengan memilih opsi pada channel tersebut dan perhatikan perubahan pada garis kurva.
Kembalikan pada pilihan RGB pada channel, kemudian klik garis kurva untuk mendapatkan titik kontrol. Drag titik kontrol ke atas untuk mendapatkan hasil yang lebih cerah dan drag ke bawah untuk mendapatkan hasil yang lebih gelap.

Setelah itu klik ok dan perhatikan hasil yang terjadi pada gambar.

4. Color Balance
Color balance digunakan untuk mengatur keseimbangan warna pada gambar. Yang diubah adalah shadow, midtones dan highlights. Jadi pada penggunaan color balance, kecerahan gambar tidak akan diubah. Untuk mengaktifkan menu ini bisa dilakukan langkah berikut : imageadjusmentscolor balance atau dengan menggunakan keyboard bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+B secara bersamaan.

Berikut ini adalah tampilan dari menu color balance.

Kali ini kita akan mencoba untuk mengubah gambar dari suasana siang menjadi sore hari. Perhatikan awal gambar sebelum dilakukan perubahan.

Aktifkan menu color balance, lalu pilihlah opsi midtones dan isikan pada kotak edit color levels dengan nilai +22 untuk cyan, -11 untuk magenta dan -40 untuk yellow. Perhatikan ketika kita memasukkan nilai pada kotak edit maka pada tombol sudah ikut bergeser.

Setelah itu pilihlah opsi shadow dan isikan kotak edit dengan nilai +27 untuk cyan, 0 untuk magenta dan -31 untuk yellow.

Pilihlah opsi highlights dan isikan +33 untuk cyan, 0 untuk magenta dan -29 untuk yellow.

Jika dirasakan warna sudah sesuai maka klik tombol ok.

5. Replace Color
Replace color digunakan untuk mengganti warna pada objek. Untuk melakukan penggantian warna dengan menggunakan replace color kita lakukan langkah berikut : imageadjusmentsreplace color.


Berikut ini adalah tampilan dari menu replace color :

Pastikan eyedropper tool aktif. Kemudian ambillah sampel warna pada objek yang akan diubah warnanya. Geser fuzziness ke kanan sehingga pada area fuzziness akan tampil slide gambar. Aturlah hue, saturation dan lightness. Pada kali ini objeknya yang akan diubah warnanya adalah sebuah mobil dengan cat hijau. Perhatikan pada gambar dibawah, setelah diambil sampelnya dan diatur slide dalam fuzziness maka pada pemilihan transform untuk hue diberi nilai +50, saturation dengan nilai +30 dan nilai lightness pada -10.

Gambar sebelum dilakukan replace color.
Setelah dilakukan langkah diatas maka hasil akhirnya menjadi seperti berikut :


c. Kegiatan Ahir
 Guru memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan design di rumah dengan menggunakan semua tool dan efek pewarnaan yang dikuasai oleh siswa untuk mengubah fotonya masing-masing. 4 Menit
 Penutup 1 Menit

4. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
 Bahan : LKS, LMS, Blogger
 Alat : Komputer, LCD, Internet
 media presentasi

5. Penilaian
a. Jenis tagihan :
 Penilaian kognitif (tertulis/jawaban singkat)
 Penilaian psikomotorik (unjuk kerja)
 Penilaian Afektif (tingkah laku dan minat)
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77

6. Sumber Bacaan
 BSE Dikemnum,
 internet,


Wonosobo, 7 Agustus 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014 NIP. 19780114 200501 1 006