RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 3
Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Pertemuan Ke  : 3 
Alokasi Waktu  : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi Dasar:
2.1  Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perang lunak
KKM :
1.   77,78
Indikator:
 Mendeskripsikan Etika yang baik dalam menggunakan komputer
 Mendeskripsikan Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
 Mendeskripsikan HAKI dalam Informasi dan Komunikasi
1. Tujuan Pembelajaran
a. Setelah proses pembelajaran siswa mempunyai etika yang baik dalam menggunakan perangkat komputer
b. Setelah proses pembelajaran siswa paham dengan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dan mampu melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari
c. Setelah proses pembelajaran siswa memahami HAKI dan menghargai hasil karya orang lain sehingga diharapkan tidak akan melanggar pasal-pasal dalam HAKI.
2. Materi Ajar
a) Etika penggunaan komputer
b) Prinsip-prinsip K3
c) HAKI
3. Metode Pembelajaran
 Ceramah dengan presentasi
 Praktek
4. Langkah-langkah Pembelajaran 
a. Kegiatan Awal
 Memeriksa kehadiran siswa 3 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
 Menyampaikan SK, KD, indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan serta KKM yang harus dicapai oleh siswa ketika dilaksanakan evaluasi. 2 Menit
 Apersepsi tentang Etika, K3 dan HAKI 2 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman cara menggunakan komputer yang benar, K3 dan HAKI untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa memahami hal tersebut. 
 Motivasi jika siswa mengerti Etika, K3, dan HAKI 3 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa jika mampu menggunakan computer dengan benar, melaksanakan K3 dan mengerti tentang HAKI.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan etika dalam menggunakan komputer. 10 Menit
Materi :
Cara Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang Benar 
1.  Prosedur Sebelum Menghidupkan Komputer 
Periksa apakah tegangan arus listrik rumah sudah sesuai dengan tegangan arus untuk konsumsi pada komputer. Ketidakcukupan tegangan arus dapat berakibat fatal terhadap komputer, misalnya konslet, terbakar. - Perhatikan apakah ada kabel yang terkelupas pada kabel penghubung antara komputer dengan stop kontak rumah. - Periksa apakah semua sambungan kabel telah terpasang dengan baik (kabel monitor ke CPU, CPU ke Printer, CPU ke Stabilizer, Stabilizer ke stop kontak rumah) 
2.  Prosedur dalam Menghidupkan Komputer 
-  Pastikan semua kabel yang terhubung dengan perangkat komputer ke listrik  tersambung dengan benar. 
-  Hidupkan stabilizer. 
-  Aktifkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor. 
-  Aktifkan CPU dengan menekan tombol power, tunggu beberapa saat sampai  proses booting selesai. 
-  Tunggu sampai layar monitor menampilkan sistem operasi yang digunakan. 
3.  Prosedur dalam Mematikan Komputer 
-  Tutup semua program aplikasi yang dijalankan. 
-  Klik tombol “Start” yang berada di sebelah kiri bawah layar pada Taskbar. 
-  Pilih Shutdown, lalu klik OK pada Windows 95/98/2000/Me atau Turn Off  Computer pada Windows XP. 
-  Tunggu beberapa saat sampai muncul kalimat “It’s Now Save to Turn Off  Your Computer” pada sistem operasi Windows 95/98/2000/Me atau  “Windows is Shuting Down” pada Windows XP. 
-  Setelah itu, matikan Monitor kemudian matikan Stabilizer
Perawatan Perangkat Keras 
-  Jangan meletakkan komputer pada tempat yang sempit, beratap bocor, lembab,  terkena sinar matahari secara langsung. 
-  Jangan menutup sebagian komputer dengan kain atau penutup kain pada saat  komputer dinyalakan agar sirkulasi udara panas pada CPU dan monitor tidak  terhalang. 
-  Jangan melepas atau memasang peralatan seperti kabel power monitor, kabel  mouse, kabel keyboard, dan lain-lain ke komputer pada saat komputer hidup  karena pada saat itu komputer teraliri arus listrik. 
-  Bersihkan dengan kain/kuas pada keyboard yang sering digunakan. 
-  Gunakan Disk Cleaner untuk mencegah Disk Drive/Floppy Drive mengalami  kerusakan yang disebabkan karena debu yang masuk. 
-  Jangan terlalu sering mematikan dan menghidupkan komputer dalam jangka  waktu kurang dari ½ jam karena selain mencegah kerusakan komputer juga  dapat menghemat tenaga listrik disebabkan karena untuk setiap kali  menghidupkan komputer dibutuhkan watt yang sangat besar. 
-  Pegang disket/CD dengan cara yang benar yaitu bukan dengan memegang  bagian yang merupakan record area. 
-  Simpan disket/CD pada box yang sesuai. 
-  Jangan memasukkan disket/CD dengan cara yang salah. 
-  Hindarkan disket/CD dari sinar matahari langsung dan medan magnet.
2. Guru menjelaskan dan memperagakan K3 dalam menggunakan komputer dan diikuti oleh siswa langsung. 25 Menit
Materi :
Bagian-bagian Komputer yang Dapat Menimbulkan Dampak Negatif bagi Pemakai 
1.  Monitor 
 Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang  dapat menyebabkan intensitas cahaya yang cukup tinggi untuk diterima oleh  retina mata manusia. Oleha karena itu, monitor harus memiliki filter (penyaring)  intensitas cahaya semisal kaca berwarna gelap untuk menyerap sinar (radiasi  cahaya) dari monitor agar mata tidak rusak. 
2.  CPU 
 Perakitan komputer yang tidak teliti dapat menyebabkan aliran listrik dari kabel  listrik menyentuh casing komputer yang terbuat dari besi/logam sehingga dapat  menyetrum pemakai. Oleh karena itu, biasanya pada casing terdapat kabel listrik  yang berfungsi mengalirkan kebocoran aliran listrik tersebut ke bidang lain  (ground). 
3.  Mouse dan Keyboard 
 Bentuk keyboard dan mouse yang tidak ergonomis bagi tangan si pemakai dapat  menyebabkan pegal-pegal bahkan mampu menimbulkan radang sendi. Oleh  karena itu, pemakai komputer harus memilih keyboard dan mouse yang sesuai  dengan tangannya masing-masing. Selain bentuk, penempatan posisi keyboard  dan mouse yang tidak tepat dalam menggunakannya juga bisa mengakibatkan  radang sendi. 
4.  Kabel Komputer 
 Pemasangan kabel listrik yang tidak benar selain dapat menimbulkan kebocoran  arus listrik juga dapat menimbulkan konsleting sehingga menyebabkan  kebakaran. Oleh karena itu, kabel listrik harus terpasang dengan benar.
Posisi Menggunakan Perangkat TIK (Komputer) dengan Benar 
1.  Pandangan Mata 
 Layar monitor harus tepat berada di bawah pandangan mata, dan jangan biarkan  pantulan cahaya monitor langsung memantul dari layar ke mata. 
2.  Posisi Tubuh 
 Agar tubuh tidak cepat lelah, sebaiknya posisi duduk dalam kondisi tegak dan  nyaman. Siku dan lutut sebaiknya membentuk sudut 90o. 
3.  Letak Pergelangan Tangan, Jari dan Lengan 
 Pastikan mouse dan keyboard sama tingginya dengan siku sehingga gerakan  lengan dan jari dapat nyaman pada saat mengetik atau menggunakan mouse.  Letak pergelangan tangan, jemari dan lengan santai, tidak melengkung atau  tegang.
3. Melalui diskusi guru menajak siswa untuk membicarakan masalah aturan hak cipta, dampak pelanggaran hak cipta dan aturan-aturan berkaitan dengan hak cipta.   30 Menit
Materi :
Dalam menggunakan perangkat TIK (komputer) kita harus memiliki sikap (etika dan moral) positif, karena terdapat program/perangkat lunak yang ada pada komputer yang merupakan hasil karya cipta orang lain (perseorangan/kelompok) yang dilindungi oleh Undang-Undang. Oleh karena itu, sebagai wujud penghargaan kita atas hasil jerih payah mereka tersebut maka kita sebaiknya tidak ikut serta dalam tindakan membajak, menyalin, mengcopy, maupun menggandakan perangkat lunak tersebut tanpa izin dari si pembuat atau tidak sesuai ketentuan berlaku. Untuk melindungi hasil karya cipta seseorang seperti karya cipta perangkat lunak (software), maka Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan peraturan dalam bentuk Undang-Undang Hak Cipta, yaitu : 
- Undang-Undang Hak Cipta No.7 Tahun 1987 
- Undang-Undang Hak Cipta No.12 Tahun 1997 
- Undang-Undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002 
Menurut undang-undang tersebut, Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain untuk menggunakan ciptaannya untuk kepentingan yang bersifat komersil. Pelanggaran terhadap UU Hak Cipta untuk program komputer akan dikenai sanksi atau hukuman yang sudah ditetapkan dalam Pasal 72 ayat (3) UU Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 yang berbunyi : Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah). 
Etika dalam penggunaan komputer, khususnya lingkungan fisik tempat pengguna komputer melakukan aktifitas mempunyai pengaruh yang kuat dalam menggunakan komputer. 
5 (lima) aspek penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, yaitu : 1.  Pencahayaan 
 Tujuan utama dari perancangan pencahayaan adalah : 
 1.  Menghindarkan pengguna dari cahaya terang 
 2.  Menghindari cahaya langsung / cahaya pantulan yang langsung mengenai   layar tampilan 
 3.  Memperoleh keseimbangan antara kecerahan layar tampilan dan     kecerahan yang ada di depan pengguna 
 Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan : 
1.  Pengaturan tempat sumber cahaya untuk meminimalkan pantulan cahaya pada layar tampilan 
2.  Penggunaan penutup jendela untuk mengendalikan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke ruang kerja, sehingga dapat meminimalkan kilauan pada layar 
3.  Pengaturan tempat layar tampilan, sehingga kilauan dari sumber cahaya di atas kepala dapat dihindari. 
4.  Menghindari sumber cahaya yang terlalu terang yang masuk dalam bidang pandangan mata 
5.  Gunakan cahaya tak langsung untuk menghindari bintik cerah pada layar tampilan 
2.  Suhu dan Kualitas Udara 
Penggunaan pengontrol suhu, udara diperlukan karena suhu dan kelembaban merupakan faktor penting, karena bertambahnya suhu dalam ruang kerja dapat mempengaruhi kinerja seseorang, seperti rasa kantuk, konsentrasi berkurang. Persoalan mengenai suhu dan kualitas udara dapat diatasi dari sumbernya. Peralatan yang digunakan dapat menyebabkan / meningkatkan suhu panas. Penempatan alat pengontrol udara jangan langsung mengenai pengguna yang justru dapat mengganggu konsentrasi. 
3.  Gangguan Suara 
Perubahan keras pada suara di lingkungan kerja dapat menimbulkan stress. Hal ini dapat dihindari apabila suara tetap dan tidak berlebihan. Manusia dapat mendeteksi suara antara 10 Hz – 20 KHz. Suara pada frekuensi 1000 – 4000 Hz menyebabkan pendengaran lebih sensitif. Selain frekuensi, suara dapat bervariasi dalam hal kebisingan  Satuan desibel (dB). Suara percakapan mempunyai kebisingan : 50 – 70 dB. Kebisingan > 140 dB dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. 
4.  Kesehatan dan Keamanan Kerja 
Kondisi keamanan dan kenyamanan kerja ketika memakai stasiun kerja dapat mempengaruhi kondisi umum kesehatan pengguna (user), begitupula pada komputer. Untuk itu terdapat prosedur dalam menggunakan komputer agar tidak berdampak negatif bagi pemakai (brainware) yaitu aturan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan komputer.
 Materi dalam Presentasi :
   
   
   
   
               
c. Kegiatan Ahir
 Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai Etika dalam menggunakan komputer, prinsip K3 dan Hak atas kekayaan intelektual  10 Menit
1. Bagaimana etika yang baik dalam menggunakan computer? 2 Menit
2. Jelaskan dan gambarkan posisi duduk yang benar ketika mengoperasionalkan computer 3 Menit
3. Apakah orang yang mengedarkan film ariel peterpan dengan luna maya dan cut tari termasuk melanggar HAKI? Jelaskan 5 Menit
 Guru mengarahkan kepada siswa untuk melakukan browsing guna mendapatkan materi di sma-1-wonosobo-tik.blogspot.com dengan system download
 4 Menit
 Penutup. 1 Menit
5. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
 Bahan : LKS, LMS, Blogger
 Alat : Komputer, LCD, Internet  
 media presentasi
6. Penilaian
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77.78
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 77.78, Kurang < 77.78
7. Sumber Bacaan
 BSE Dikemnum, 
 internet, 
Wonosobo, 24 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah     Guru Mata Pelajaran TIK
Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si.   DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014   NIP. 19780114 200501 1 006
 

