SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Kamis, 29 Juli 2010

RPP TIK Kelas XII Semester 1 TH.2010/2011 Pertemuan ke 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik

Kompetensi Dasar:
1.1 Menunjukkan fungsi menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis bitmap, mengolah dan membuat gambar sederhana

KKM :
1. 76,50

Indikator:
 Mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vector dan bitmap
 Mengidentifikasi menu dan ikon pada program desain grafis bitmap Adobe Photoshop 7
 Menggunakan menu dan ikon pada program desain grafis bitmap Adobe Photoshop 7

1. Tujuan Pembelajaran
 Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vector dan bitmap
 Siswa mampu mengidentifikasi menu dan icon program aplikasi berbasis bitmap
 Siswa mampu menggunakan menu dan icon pada program aplikasi berbasis bitmap
 Siswa mampu mengolah gambar sederhana dengan menggunakan fasilitas pada menu dan icon

2. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Penugasan individu
3. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
 Perkenalan 10 Menit
Guru mengenalkan diri, menyebutkan nama, nomor telepon, e-mail, YM.
Guru menjelaskan tentang system pengambilan nilai yang dilakukan dalam satu semester, meliputi :
a. kehadiran 10%
b. Praktikum dan Tugas 25%
c. Penilaian Kognitif 65%, meliputi Ulangan harian 30%, Ujian tengah semester 30% dan ulangan akhir semester 40%
 Memeriksa kehadiran siswa 3 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
 Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan 2 Menit
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini.
 Apersepsi tentang design grafis 4 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman design grafis, untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa mengerti dan memahami design grafis.
 Motivasi keunggulan computer 6 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa tentang kegiatan yang bias kita lakukan jika kita menguasai design grafis dengan tingkat mahir.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian dan perbedaan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap 5 Menit
Materi :
Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari situs http://id.wikipedia.org/
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
2. Guru mengenalkan menu dan icon pada software adobe photoshop 20 Menit
Materi :

Keterangan
A. Toolbox
B. Tool Option Bar
C. View area untuk image
D. Menu
E. Status Bar
F. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, history palette, dan layer palette
G. Palette Well (hanya tampak apabila resolusi layar di atas 800 x 600)

A. Marquee Tool
Terdiri dari 4 jenis yaitu:
1. Rectangular Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M)
Digunakan untuk membuat area selection berbentuk segi empat.pada image.
2. Elliptical Marquee (Shortcut keyboard: M, atau Shift + M)
Digunakan untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran pada image.
3. Single Row Marquee
Digunakan untuk membuat area selection satu baris pada image (ukuran tinggi selection adalah 1 pixel)
4. Single Column Marquee
Digunakan untuk membuat area selection satu kolom pada image (ukuran lebar selection adalah 1 pixel).
B. Move Tool
Shortcut keyboard: V
Digunakan untuk menggeser/memindah selection, layers, dan guides

C. Lasoo Tool (Shortcut keyboard: L, atau Shift + L untuk mengubah jenis Lasoo)
Terdiri dari 3 jenis yaitu:
1. Lasoo
Digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas
2. Polygonal Lasoo
Digunakan untuk membuat area selection berbentuk poligon
3. Magnetic Lasoo
Digunakan untuk membuat area selection dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu pada image.
D. Magic Wand Tool
Shortcut keyboard: W
Digunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa. Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar.
E. Crop Tool
Shortcut keyboard: C
Digunakan untuk memangkas image (memotong dan membuang area tertentu dari image)
F. Slice Tool (Shortcut keyboard: K, atau Shift + K untuk mengubah slice)
Terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. Slice Tool
Digunakan untuk membuat potongan-potongan image dari suatu image
2. Slice Select Tool
Digunakan untuk memilih potongan pada suatu image
G. Patch/Healing Brush Tool (Shortcut keyboard: J, atau Shift + J mengubah tool)
1. Patch Tool
Digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak.
2. Healing Brush Tool
Digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak.
H. Brush Tool (Shortcut keyboard: B, atau Shift + B untuk mengubah tool)
Terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. Brush Tool
Digunakan untuk melukis image dengan goresan kuas
2. Pencil Tool
Digunakan untuk melukis image dengan goresan pencil

I. Stamp Tool (Shortcut keyboard: S, atau Shift + S untuk mengubah tool)
Terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. Clone Stamp Tool
Digunakan untuk melukis image dengan sample image tertentu
2. Pattern Stamp Tool
Digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu
J. History Brush Tool (Shortcut keyboard: Y, atau Shift + Y untuk mengubah jenis)
Terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. History Brush Tool
Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image
2. Art History Tool
Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu.
K. Eraser Tool (Shortcut keyboard: E, atau Shift + E untuk mengubah jenis eraser)
Terdiri dari 3 jenis yaitu:
1. Eraser
Digunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu.
2. Background Eraser
Digunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan.
3. Magic Eraser
Digunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa
menjadi transparan dengan satu kali klik.
L. Gradient, Paint Bucket Tool (Shortcut keyboard: G, atau Shift + G)
1. Gradient Tool
Digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan banyak warna.
2. Paint Bucket Tool
Digunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foreground atau pola tertentu.
M. Sharpen, Blur, Smudge Tool (Shortcut keyboard: R, atau Shift + R)
1. Sharpen Tool
Digunakan untuk menajamkan area tertentu pada image.
2. Blur Tool
Digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu pada image.
3. Smudge Tool
Digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image
N. Dodge, Burn, Sponge Tool (Shortcut keyboard: O, atau Shift + O)
1. Dodge Tool
Digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image
2. Burn Tool
Digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image
3. Sponge Tool
Digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image.
O. Selection Tool (Shortcut keyboard: A, atau Shift + A untuk mengubah jenis)
Terdiri dari 2 jenis yaitu:
1. Path Selection Tool
Digunakan untuk melakukan selection path
2. Direct Selection Tool
Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path.
P. Type Tool (Shortcut keyboard: T, atau Shift + T untuk mengubah jenis)
Terdiri dari 4 jenis yaitu:
1. Horizontal Type Tool
Digunakan untuk membuat tulisan secara horizontal
2. Vertical Type Tool
Digunakan untuk membuat tulisan secara vertikal
3. Horizontal Type Mask Tool
Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal
4. Vertical Type Mask Tool
Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertical
Q. Pen Tool
1. Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P)
Digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus
2. Freeform Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P)
Digunakan untuk membuat path berbentuk bebas
3. Add Anchor Point Tool
Digunakan untuk menambah anchor point pada path
4. Delete Anchor Point Tool
Digunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path
5. Convert Point Tool
Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path


R. Shape Tool (Shortcut keyboard: U, atau Shift + U untuk mengubah jenis)
1. Rectangle Tool
Digunakan untuk menggambar bentuk segi empat
2. Rounded Rectangle Tool
Digunakan untuk menggambar segi empat melengkung
3. Ellipse Tool
Digunakan untuk menggambar ellipse
4. Polygon Tool
Digunakan untuk menggambar polygon
5. Line Tool
Digunakan untuk menggambar garis lurus
6. Custom Shape Tool
Digunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang ada
S. Notes Tool (Shortcut keyboard: N, atau Shift + N untuk mengubah jenis)
1. Notes Tool
Digunakan untuk membuat catatan pada image
2. Audio AnnotationTool
Digunakan untuk membuat suara/audio pada image
T. Eyedropper, Measure Tool (Shortcut keyboard: I, atau Shift + I)
1. Eyedropper Tool
Digunakan untuk mengambil sample warna pada image untuk warna foreground
2. Color Sampler Tool
Digunakan untuk mengambil berbagai sample warna pada image
3. Measure Tool
Digunakan untuk mengukur jarak atau sudut pada image
U. Hand Tool
Shortcut keyboard: H
Digunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang image di dalam window view area.
V. Zoom Tool
Shortcut keyboard: Z
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan image.





3. Guru melakukan praktikum menggunakan aplikasi grafis berbasis bitmap
Materi :

Membuat Dokumen Baru 35 Menit
Untuk membuat dokumen baru pilih menu File > New.


Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen, lakukan langkah File  Open

Carilah dimana file yang akan dibuka tersimpan dalam komputer, kemudian pilih dan klik open.

Menggunakan Menu Pada Toolbar
1. Baris Penggulung & Tool Tangan
Apabila jendela gambar lebih kecil daripada gambar, beberapa bagian gambar akan disembunyikan dari
layer. Baris penggulung dan tool tangan mengizinkan Anda melihat bagian-bagian yang tersembunyi.

A. Baris Penggulung, geserlah kotak penggulung, klik panah kanan, atau klik dalam baris penggulung
untuk mengeser gambar ke atas, ke bawah, atau ke samping.
B. Tool Tangan, geser dengan tool tangan untuk memindahkan gambar secara dinamis. Tombol H
berfungsi memilih tool tangan. Tekan space bar untuk mengaktifkan tangan apabila ada tool lain
yang sedang aktif.
C. Pilih Tool Tangan, klik tombol-tombol pada baris pilihan untuk mengatur ukuran tampilan.

2. Zoom Tool
Mungkin Anda merasa sudah banyak menggeser gambar di atas, namun belum melihat apa-apa.
Photoshop banyak memberikan fasilitas untuk melakuakn zoom (perbesaran dan pengecilan gambar).

Bagian paling utma fungsi zoom adalah perintah zoom In dan Zoom out serta Tool zoom. Berikut ini adalah cara kerjanya:
A. Zoom In
Pilih View ⇒ Zoom in untuk memperbesar latar depan. Perintah ini bekerja dalam kenaikan yang telah ditentukan seperti ditunjukkan pada baris judul. 100% adalah tampilan yang sesuai dengan aslinya, dimana menunjukkan satu pixel untuk setiap pixel lain.
B. Zoom Out
Pilih Vierw ⇒ untuk memperkecil tampilan gambar. Anda bisa mengubah perilaku jendela. Pilih Edit ⇒ General, lalu ubahlah setting dari keyboard zoom resizes windows. Secara default, tanda ini sudah dipilih pada Mac dan tidak dipilih pada PC.
C. Tool Zoom
Klik kanan tool zoom untuk membesarkan tampilan (zomm in), alt-klik (Win) atau option-klik (Mac) untuk memperkecil tampilan (zoom out). Geserlah untuk menentukan yang lain, ukuran jendela akan tetap tidak berubah.
Tekan z untuk memilih tool zoom. Tekan ctrl+spacebar (Win) atau command-spacebar (Mac) untuk mengaktifkan tool ini sementara. Tambahkan alt atau option untuk melakukan zoom out.
D. Mengubah Ukuran Jendela agar Muat Dilayar
Pilih kotak cek ini pada baris pilihan untuk mengubah ukuran jendela jika Anda mengklik dengan tool zoom.
E. Mengabaikan Palet
Nyalakan pilihan ini untuk mengubah ukuran jendela gambar dengan mengabaikan palet-palet yang berada dibagian kanan layar.



3. Palet Navigator
Untuk memastikan agar Anda bisa lebih leluasa bergerak, Photoshop memberi Anda palet Navigator (Windows ⇒ Show Navigator), dimana Anda bisa mengeser dan memperbesar gambar melalui sebuah salina miniatur gambar. Ini seperti bekerja dengan jendela yang dibuat menggunakan View ⇒ New View, tetapi dengan beberapa kendali tambahan.

A. Thumbnail Gambar
Bagian tengah palet navigator adalah thumbnail dari gambar. Photoshop secara teratur meng-update thumbnail untuk menampilakan semua hasil penyuntingan, agar Anda bisa menggunakan secara akurat.
B. Batas Daerah yang Terlihat
Kotak segi empat merah menunjukan bagian gambar yang tampak pada jandela latar depan. Geserlah kotak ini untuk menggeser gambar. Klik untuk mengetengahkan kotak ini ke lokasi baru. Cara ini sangat membantu apabila Ands bekerja pada tingkat perbesaran yang tinggi.
Tekan ctrl (Win) lalu geser pada thumbnail gambar (A) untuk menggambar kotak Anda sendiri, serta mengubah ukuran tampilan layar.
C. Nilai Zoom
Nilai zoom mencata semua pengaturan perbesaran. Anda juga bisa mengetik nilai zoom sendir, yang keakuratannya hingga 0,01 persen.
D. Zoom Out
Klik icon ini untuk memperkecil gambar, sama seperti Anda menekan alt-atau option-klik dengan tool zoom.

E. Zoom In
Klik di sini untuk memperbesar gambar, sam seperti dengan mengklik jendela gambar dengan tool zoom.

F. Pilihan Palet
Pilihlah Palette Option dari menu palet navigator untuk menampilakan kotak dialog yang dapat digunakan untuk mengubah warna kotak batasan daerah yang nampak (B). Anda bisa memilih warna yang telah ditentukan atau mengklik kotah warna untuk menentukan warna sendiri.
G. Penggeser Zoom
Geserlah segitiga dibawah ini penggeser zoom untuk mengubah ukuran tampilan. Sama seperti pengaturan pembesaran lainnya, ukuran tampilan yang baru akan direflesikan oleh nilai zoom (C )
H. Kotak Ukuran
Secara default, thumbnail gambar (A) ukurannya kecil sekali. Jika Anda ingin memperbesarnya, geser di sini.

c. Kegiatan Ahir
 Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang 10 Menit
1. berikan gambaran sesuai pemahaman Anda, terdiri dari apa saja bagian-bagian menu pada toolbax Adobe Photoshop 7 ? 2 Menit
2. Jelaskan bagian dari Adobe Photoshop ! 2 Menit
3. Jelaskan fungsi dari menu pada toolbox ! 5 Menit
 Penutup 1 Menit

4. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
 Bahan : LKS, LMS, Blogger
 Alat : Komputer, LCD, Internet
 media presentasi

5. Penilaian
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77

6. Sumber Bacaan
 BSE Dikemnum,
 internet,


Wonosobo, 17 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014 NIP. 19780114 200501 1 006