SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Kamis, 29 Juli 2010

RPP TIK Kelas X Semester 1 TH.2010/2011 Pertemuan 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 2

Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
1. Operasi Dasar Komputer

Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal komputer dan sejarahnya

KKM :
1. 77.78

Indikator:
 Menunjukan macam-macam perangkat keras
 Membedakan fungsi perangkat lunak dan perangkat keras
 Mendeskripsikan operasi dasar komputer

1. Tujuan Pembelajaran
a. Setelah proses pembelajaran siswa dapat lebih mengenal perangkat keras computer, mampu menyebutkan bagian hardware dari sebuah computer beserta fungsinya
b. Setelah proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot
c. Setelah proses pembelajaran siswa dapat memperagakan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar
d. Setelah proses pembelajaran siswa dapat memperagakan cara warm boot dan cool boot

2. Materi Ajar
a. Pengenalan hardware dan software komputer
b. Mengaktifkan dan mematikan computer sesuai dengan prosedur
c. Menghentikan proses yang tidak merespons (Not Responding)

3. Metode Pembelajaran
 Ceramah dengan presentasi
 Praktek

4. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
 Memeriksa kehadiran siswa 3 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
 Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan 2 Menit
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini.
 Apersepsi tentang hardware dan software komputer 2 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman hardware dan software komputer dan penggolongan beberapa aplikasi yang biasa dipakai.
 Motivasi jika siswa mengenal hardware dan software computer 3 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa tentang hardware dan software dengan harapan siswa mampu mendapatkan gambaran bagaimana hardware dan software yang terbaik untuk sebuah komputer
b. Kegiatan Inti
1. Guru mengenalkan bagian hardware dari komputer kepada siswa dengan memperlihatkan kepada siswa seperangkat komputer dengan lengkap dan siswa melakukan pengamatan. 35 Menit

Materi :
A. Cara kerja komputer
Berikut ini digambarkan proses dari computer dalam bekerja.



B. Bagian-Bagian Dari Hardware Komputer

Keyboard.
Keyboard merupakan alat input yang utama pada komputer. Keyboard digunakan untuk memasukkan huruf, angka dan perintah ke komputer. Susunan huruf pada keyboard sama dengan susunan huruf pada mesin ketik biasa Perbedaannya pada keyboard terdapat tombol-tombol (keys) tambahan seperti:
• Enter untuk memasukkan perintah atau ganti baris
• Escape untuk membatalkan perintah
• Arrow Keys untuk memindah kursor

Mouse

Mouse merupakan pointing device yang utama. Sebuah alat yang kecil kita operasikan dengan menggerakkannya pada sebuah bidang yang datar.Pada layar muncul panah yang dikenal dengan nama kursor. Kursor bisa bergerak ke seluruh arah pada monitor.
Dalam pengoperasian mouse dikenal beberapa istilah
1. Klik yaitu melakukan penekanan tombol sebelah kiri sebanyak 1 kali
2. Double klik penekanan tombol kiri dengan cepat sebanyak 2 kali
3. Klik and drag menekan tombol kiri mouse
kemudian menggesernya baru dilepaskan
4. Klik kanan menekan tombol sebelah kanan mouse
fungsi tergantung program yang berjalan.

Camera

Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.

Mic (Microphone)

Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

PRINTER

Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam.
Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.

MONITOR

Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Motherboard

Motherboard, merupakan PCB (Printed Circuit Board yang utama pada sebuah komputer. Disini terdapat slot dan socket tempat menancapnya komponen yang lain seperti processor, memory, VGA, Sound dan sebagainya. Masing-masing jenis motherboard memiliki arsitektur yang berbeda.
Pada bagian belakang terdapat port IO yang menghubungkan matherboard dengan speaker, monitor, printer dan external device lainnya.

PROCESSOR

Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas
yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000
MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.





MEMORY

Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Pada memori jenis RAM dikenal istilah BUS SPEED, seperti PC66, PC100, PC 133, PC200, PC 400 dll yang artinya adalah kecepatan aliran data atau program pada memori dimana semakin besar nilai BUS SPEED, maka semakin cepat akses terhadap memori tersebut.

DISPLAY CARD

video adapter adalah sebuah card tambahan yang berfungsi utama untuk menghasilkan tampilan / display. Secara sederhana menghubungkan antara CPU dengan monitor. Tampilan pada monitor dipengaruhi oleh kemampuan video adapter dan monitor. Tiap adapter menawarkan beberapa mode video. Text dan grafik.

SOUND CARD

Sound Card berfungsi untuk menghasilkan atau merekam suara atau sound. Suara yang dihasilkan dikeluarkan lewat speaker, sedangkan jika ingin merekam suara suara kita masukkan lewat microphone.

HARDISK

Komponen hardisk : piringan logan (platter), head, rangakaian elektronik, rangkaian penguat, DSP (digital signal precessor), chip memory, konektor, spindle, dan actuator arm motor controller.

CD-ROM
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itu mulai berkembanglah teknologi penyuimpanan pada optical disc.
CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan degan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening.
Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital.





PSA

Power Supply secara fisik terpasang pada bagian belakang casing. Merubah listrik AC yang berasal dari jaringan listrik rumah menjadi listrik DC untuk keperluan komponen komputer.
Voltase pada power supply yaitu + 5 v, - 5 v, + 12 v dan – 12 v, yang mengalir baik ke motherboard ataupun ke drive.


2. Guru menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana sistem komputer dijalankan, menggunakan sistem warm boot dan cool boot. 10 Menit
Materi :
A. Warm Boot
Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menghidupkan komputer pada proses warm boot yaitu :
1. Tekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan.
2. Pada jendela Windows Task Manager, pilihlah menu shut down
3. Pilihlah menu restart pada pull down menu.

B. Cool Boot
Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menghidupkan komputer pada proses cool boot yaitu :
1. Pastikan kabel power CPU dan monitor telah terpasang dan mempunyai arus listrik.
2. Tekan tombol power (ON) pada CPU hingga lampu CPU menyala.
3. Tekan tombol power (ON) pada monitor





3. Siswa Melakukan Praktikum Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer dan guru menilai bagaimana siswa dalam melakukan praktikum melalui table dibawah.
20 Menit
No Bidang Penilaian Skor
Sangat Baik Baik Sedang Kurang
1 Cara menghidupkan monitor
2 Cara menghidupkan CPU
3 Keterampilan warm boot
4 Keterampilan cara mematikan komputer


c. Kegiatan Ahir
 Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang 10 Menit
1. Jelaskan 3 komponen yang mendukung operasional komputer 2 Menit
2. Apa yang dimaksud dengan (a) booting (b) warm boot dan (c) coold booting
3 Menit
3. Bagaimana prosedur untuk (a) coold boot (b) warm boot
3 Menit
4. Sebutkan nama-nama alat berikut ini: 2 Menit

(a) (b)





(c)






 Guru mengarahkan kepada siswa untuk melakukan browsing guna mendapatkan materi di sma-1-wonosobo-tik.blogspot.com dengan system download atau di LMS (learning management system) di 125.163.185.103\lms dengan terlebih dahulu login dengan account siswa. 4 Menit
 Penutup. 1 Menit

5. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
 Bahan : LKS, LMS, Blogger
 Alat : Komputer, LCD, Internet
 media presentasi

6. Penilaian
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77.78
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 77.78, Kurang < 77.78

7. Sumber Bacaan
 BSE Dikemnum,
 internet,


Wonosobo, 24 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014 NIP. 19780114 200501 1 006