SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Selasa, 20 Juli 2010

RPP TIK Kelas X Semester 1 TH.2010/2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

Mata Pelajaran : TIK
Kelas/Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
1. Operasi Dasar Komputer

Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal komputer dan sejarahnya

KKM :
1. 77.78

Indikator:
 Mendeskripsikan komputer sebagai alat pengolah data
 Mendeskripsikan sejarah perkembangan komputer

1. Tujuan Pembelajaran
 Setelah proses pembelajaran siswa dapat mengerti dan mengenal komputer
 Setelah proses pembelajaran siswa dapat menceritakan kembali proses atau sejarah perkembangan komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang

2. Materi Ajar
a. Pengenalan komputer
b. Pengertian dan sejarah Perkembangan Komputer

3. Metode Pembelajaran
 Ceramah
 Penugasan individu
 Praktek

4. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
 Perkenalan 15 Menit
Guru mengenalkan diri, menyebutkan nama, nomor telepon, e-mail, YM.
Guru menjelaskan tentang system pengambilan nilai yang dilakukan dalam satu semester, meliputi :
- kehadiran 10%
- Praktikum dan Tugas 25%
- Penilaian Kognitif 65%, meliputi Ulangan harian 30%, Ujian tengah semester 30% dan ulangan akhir semester 40%
 Memeriksa kehadiran siswa 3 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
 Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan 2 Menit
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini.
 Apersepsi tentang komputer 2 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman komputer, untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa mengerti dan memahami sejarah komputer, bagian komputer, dan fungsi dari komputer.
 Motivasi keunggulan computer 3 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa tentang computer beserta beberapa keunggulan computer sebagai sebuah tools dibandingkan dengan perangkat lainnya yang masih manual.
b. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang komputer kepada siswa dengan memperlihatkan kepada siswa seperangkat komputer dengan lengkap. 20 Menit



Materi :
A. Pengertian Komputer
Komputer adalah suatu peralatan elektronika yang dapat dipergunakan untuk mengolah data. Komputer bisa mengolah data dalam bentuk phisik, angka, huruf serta simbol tulis lainnya. Dibawah ini adalah gambar dari komputer :



B. Bagian-Bagian Dari Komputer
Elemen sistem komputer terdiri atas :
1. Perangkat keras (Hardware)
Perangkat keras atau sering disebut Hardware adalah seluruh komponen elektronik yang membentuk sistem komputer dan komponen lainnya yang membentuk komputer sebagai satu kesatuan utuh yang dapat melaksanakan tugas pengolahan data.
Diagram pembentuk sistem komputer sebagai berikut :





Data Informasi



Bagian dari perangkat keras meliputi beberapa bagian yaitu :
1.1. Alat masukan (input devices)
Alat masukan adalah alat yang digunakan untuk :
- Tempat masuknya data dan program
- Mengubah data dan program menjadi digit magnetik yang dikenal komputer
- Meneruskan ke storage unit
Beberapa alat masukan yang dipakai diantaranya keyboard, scanner, mouse dan lain-lain.
1.2. Pengolah (processor)
Processor adalah bagian dari komputer yang langsung melaksanakan pengolahan data. Pengolah ini adalah CPU atau Central Processing Unit. Pada CPU ini terdiri dari rangkaian elektronik yang rumit dan kompleks. Apabila suatu perintah diterima oleh unit ini maka perintah ini akan diinterpretasikan, dipecahkan kode-kodenya lalu mengeluarkan perintah kepada unit lainnya untuk melaksanakan tugas yang diterimanya.
1.3. Alat keluaran (output devices)
Alat keluaran merupakan alat yang berfungsi mengeluarkan hasil olehan dari komputer ke media yang dapat dibaca orang lain. Beberapa media yang digunakan diantaranya layar tampilan (monitor), pencetak baris atau printer dari layar penampil.
1.4. Alat penyimpan sekunder
Beberapa alat penyimpan diantaranya :
1.4.1. Cakram lentur (floppy disk = disket)
Keuntungan menggunakan cakram lentur ini adalah harganya murah dan dapat dibawa dengan mudah kemana saja. Ukuran cakram lentur ini bervariasi semakin luas permukaannya semakin banyak kapasitas penyimpanannya.
1.4.2. Cakram tetap (hard disk)
Cakram tetap ini biasanya mempunyai kapasitas penyimpanannya yang besar (dengan hitungan Giga byte = 1000 Mega Byte).
Kelebihan hardisk atau cakram tetap ini adalah mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan kecapatan baca tulis yang lebih tinggi daripada cakram lentur atau disket.

2. Perangkat lunak (Software)
Perangkat lunak atau sering disebut juga software adalah himpunan program-program komputer. Yang termasuk perangkat lunak adalah sistem operasi (operating system) dan paket program.
2.1. Sistem operasi (operating system)
Sistem operasi adalah suatu kelompok program yang disusun secara khusus untuk pemanfaatan sebuah komputer atau dengan kata lain sistem operasi adalah program yang dipergunakan untuk mengelola sumber daya (resource) komputer untuk pekerjaan pengolahan data (user).
Beberapa sistem operasi yang ada :
1. DOS / MS-DOS
2. WINDOWS
3. OS/2
2.2. Paket program (software aplikasi)
Paket program adalah perangkat lunak yang terdiri atas program siap pakai dan mampu melayani permintaan pemakai (user) yang berbeda-beda keperluannya.
Beberapa paket program yang ada diantaranya :
1. Paket pengolah kata
2. Paket pengolah angka
3. Paket pengolah basis data
4. Paket pembuat grafik
5. Paket pembuat presentasi
6. Paket pengatur cetak
7. Paket penggambaran
8. Paket yang berorientasi matematis

3. Informasi : data, informasi, prosedure

2. Guru menggambarkan kepada siswa tentang sejarah dan perkembangan komputer dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang. 20 Menit
Materi :
A. Pengertian Komputer
Sejarah komputer menurut perkembangannya dibedakan menjadi 5 generasi, yaitu :
1. Komputer generasi pertama (1945-1954)
Komputer pada generasi ini adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator Calculator) dibuat tahun 1945 oleh Prof. John M dari University of Pensylvania USA. Komputer pada generasi ini mempunyai ciri-ciri : menggunakan tabung hampa, ukurannya besar dengan luas tempat + 500 m2, kecepatan rendah lebih kurang 400 operasi per detik, memorinya kecil, membutuhkan daya listrik besar. Komputer pada generasi ini orientasinya untuk aplikasi bisnis. Contoh : IBM 701, IBM 704.
2. Komputer generasi kedua (1954-1965)
Komputer generasi kedua ciri-cirinya telah menggunakan untai elektronik yaitu transistor untuk untai sirkuitnya, bentuk secara fisik lebih kecil, kemampuan operasinya mencapai jutaan operasi per detik, memorinya dapat menyimpan puluhan ribu karakter, hemat energi listrik. Orientasi tidak hanya pada aplikasi bisnis namun juga pada aplikasi teknik, misal IBM 1401, IBM 1602.
3. Komputer generasi ketiga (1965-1970)
Ciri-cirinya menggunakan untai terpadu (terdiri atas transistor, diode dan resistor dalam chip), bentuk fisik lebih kecil, kemampuan operasinya 1000 kali komputer generasi pertama dan dapat untuk mengerjakan multiprocesing dan multiprogramming. Misal IBM S/360, UNIVAC 1108.
4. Komputer generasi keempat (sejak tahun 1970)
Komputer generasi keempat ini ditandai dengan teknologi untai terpadu skala besar yang disebut LSI, kemampuan operasi satu milyar perdetik. Pada generasi komputer ini dikembangkan sistem komputer window dan menggunakan mouse. Misal IBM PC.
5. Komputer generasi kelima dan masa depan
Komputer generasi ini masih dalam proses pengembangan, dimungkinkan untuk mengganti chip dengan teknologi yang mampu memproses sampai trilyun operasi perdetik. Komputer generasi ini disebut dengan expert system atau kecerdasan buatan, dimana diharapkan komputer generasi ini mempunyai kemampuan sama dengan manusia dalam hal kecerdasan, bisa menterjemahkan perasaan manusia dan manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer.


B. Macam-Macam Komputer
B.1. Menurut data yang diolah
A. Komputer Analog
Komputer analog mengolah deretan data hasil pengukuran, bersifat kontinyu dan berbentuk phisik. Misalnya arus listrik, kecepatan dan lain-lain. Komputer analog ini banyak digunakan dalam proses pengontrolan kegiatan untuk pengendalian, misal mengatur temperatur dalam alat pembakaran, mengukur denyut jantung dan lain-lainnya yang bersifat phisik.
B. Komputer Digital
Komputer digital ini mengolah data dalam bentuk deretan angka, huruf serta simbol tulis lainnya. Komputer ini banyak digunakan dalam aplikasi bisnis dan aplikasi teknik. Kelebihan komputer ini adalah mampu mengolah data lebih tepat dari komputer analog, karena data yang diolah dikonversikan dalam bentuk angka, grafik dan gambar, dapat menyimpan data dan beberapa kelebihan lainnya.
C. Komputer Hibrid
Komputer hibrid adalah merupakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer ini mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
B.2. Menurut ukurannya
Menurut ukuran dalam hal ini adalah ukuran komputer secara umum, yaitu besaran phisik, besar memori, kapasitas penyimpanan dan lain-lain.
A. Komputer mikro
Komputer ini sering disebut juga dengan komputer personal atau PC. Mempunyai ukuran phisik dari sebesar kalkulator sampai dengan yang berukuran 0,5 m x 0,5 m x 0,5 m. Pada umumnya adalah single user atau digunakan oleh satu pemakai saja.
B. Komputer mini
Mempunyai ukuran phisik sebesar sebuah almari kecil, kemampuannya beberapa kali lebih besar dari komputer mikro, kapasitas penyimpanan magnitis mencapai ratusan juta byte. Komputer ini biasanya dipakai secara multiuser. Contoh : IMB S/38, WANG.
C. Komputer medium
Kemampuan komputer ini beberapa kali lebih besar dari komputer mini. Ukuran phisiknya memerlukan sebuah ruangan dan biasanya digunakan untuk komunikasi data, dengan komputer medium sebagai pusat dan terminal menggunakan komputer mikro atau mini. Komputer ini juga dapat menangani data pegawai sampai puluhan ribu orang. Contoh : IBM 370, UNIVAC.
D. Komputer besar
Ukuran phisiknya membutuhkan ruangan yang besar, dapat menangani data sampai jutaan orang, mempunyai kecepatan dan memori yang besar, memungkinkan menerapkan sistem time-sharing. Banyak digunakan pada perusahaan penerbangan untuk melayani pemesanan tempat di seluruh dunia. Contoh : IBM 3081, IBM 308X
E. Komputer super
Pada umumnya komputer ini mempunyai processor lebih dari satu atau dua yang dapat bekerja bersama-sama yang sering disebut dengan komputer paralel, kecepatan kerja mencapai milyaran perdetik, banyak digunakan pada perancangan pesawat terbang, aplikasi dibidang militer. Contoh : CRAY, CYBER 205.

c. Kegiatan Ahir
 Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang 10 Menit
1. berikan gambaran sesuai pemahaman Anda, terdiri dari apa saja bagian-bagian komputer itu ? 2 Menit
2. Ceritakan ciri-ciri komputer pada generasi tahap pertama ! 2 Menit
3. Bagaimana dengan ciri komputer sekarang? 3 Menit
4. Faktor apa saja yang menyebabkan teknologi komputer berkembang sangat pesat ? 3 Menit

 Siswa diminta untuk membuka blog TIK untuk mendapatkan materi di sma-1-wonosobo-tik.blogspot.com dengan system download atau di LMS (learning management system) di 125.163.185.103\lms dengan terlebih dahulu membuat account 14 Menit
 Penutup 1 Menit

5. Alat/Bahan/Media Pembelajaran
 Bahan : LKS, LMS, Blogger
 Alat : Komputer, LCD, Internet
 media presentasi

6. Penilaian
a. Jenis tagihan :
 Penilaian kognitif (tertulis/jawaban singkat)
 Penilaian psikomotorik (unjuk kerja)
 Penilaian Afektif (tingkah laku dan minat)
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 75
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 75, Kurang < 75

7. Sumber Bacaan
 BSE Dikemnum,
 internet,


Wonosobo, 17 Juli 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014 NIP. 19780114 200501 1 006