SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Jumat, 04 Februari 2011

RPP ke-1 Kelas XII Thn Pelajaran 2010/2011 Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1


A. Identitas Mata Pelajaran :
     Mata Pelajaran : TIK
     Kelas/Semester : XII / 2
     Tahun Pelajaran : 2010/2011
     Pertemuan Ke : 1
     Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
     KKM : 77,00

B. Standar Kompetensi :
     1. Mengenal perangkat lunak pembuat presentasi.

C. Kompetensi Dasar :
     1.1. Pengenalan program pembuat presentasi

D. Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengidentifikasi program pembuat presentasi
  2. Mengidentifikasi menu dan ikon pada program powerpoint
  3. Menggunakan menu dan ikon pada program powerpoint
  4. Menggunakan menu dan ikon pada program Microsoft Office PowerPoint 2010 untuk membuat presentasi baru
  5. Menggunakan menu dan ikon pada program Microsoft Office PowerPoint 2010 untuk menyimpan presentasi baru



E. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengidentifikasi program pembuat presentasi
  2. Siswa mampu mengidentifikasi menu dan ikon pada program powerpoint
  3. Siswa mampu menggunakan menu dan ikon pada program powerpoint
  4. Siswa mampu menggunakan menu dan icon pada program Microsoft Office PowerPoint 2010 untuk membuat presentasi baru
  5. Siswa mampu menggunakan menu dan icon pada program Microsoft Office PowerPoint 2010 untuk menyimpan presentasi baru

F. Metode Pembelajaran :
  1. Ceramah
  2. Penugasan individu

G. Kegiatan Pembelajaran : H. Alokasi Waktu Yang Diperlukan
     a. Kegiatan Awal
        1. Perkenalan
            Guru menjelaskan tentang system pengambilan nilai yang dilakukan dalam satu semester, meliputi :
            a. kehadiran 10%
            b. Praktikum dan Tugas 25%
            c. Penilaian Kognitif 65%, meliputi Ulangan harian 30%, Ujian tengah semester 30% dan ulangan     akhir semester 40% 10 Menit
 Memeriksa kehadiran siswa
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir. 3 Menit
 Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini. 2 Menit
 Apersepsi tentang presentasi
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman presentasi, untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa mengerti dan memahami presentasi. 3 Menit
 Motivasi keunggulan program pembuat presentasi
Memberikan gambaran kepada siswa tentang kegiatan yang bias kita lakukan jika kita menguasai program pembuat presentasi dengan tingkat mahir.
2 Menit
a. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan pengertian program presentasi 15 Menit
2. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 15 Menit
3. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk membuat presentasi baru 10 Menit
4. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk menyimpan presentasi baru 15 Menit
5. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk keluar dari program presentasi 5 Menit
b. Kegiatan Akhir
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan ringan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa tentang materi yang baru saja diajarkan 8 Menit
2. Penutup, Guru mengucapkan salam 2 Menit

I. Materi Ajar :

1. Guru menjelaskan pengertian program presentasi
Dunia presentasi saat ini sudah tidak asing lagi dan bahkan menjadi kebutuhan pokok karena tuntutan perkembangan informasi dan teknologi. Dari semua aspek terutama dalam bidang pendidikan, saat ini seorang guru sudah dituntut untuk mengajar dengan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Masa konvensional dahulu, guru dalam mengajar siswa hanya menggunakan kapur putih seiring perkembangan jaman, guru mulai menggunakan spidol karena ada whiteboard kemudian guru menggunakan OHP (over head projector), dan sekarang sudah menggunakan LCD sebagai media presentasinya dalam mengajar di kelas. Tuntutan ini dirasakan sekali terutama oleh sekolah yang berkategorikan RSBI (rintisan sekolah bertaraf internasional) karena di semua ruang kelas sudah diberi alat untuk mempresentasikan materi ajarnya.
Media presentasi ini bisa dibuat dengan menggunakan beberapa sofware yang semakin banyak dan menawarkan beberapa kelebihannya masing-masing. Mulai dari yang berbayar sampai dengan yang free atau gratis dan bisa di download dari internet. Beberapa software khusus untuk presentasi yang paling sering kita jumpai ada Microsoft Office Powerpoint dari Microsoft, openoffice org. Impress dari Sun Microsystem.Inc, PresenterSoft MediaEasy, SuperLab, Visual Communicator, Flash Spring dan masih banyak lagi program presentasi yang lain. Bahkan beberapa software yang biasa digunakan untuk membuat program desain dan animasi sekarang atau sering disebut multimedia authoring juga sudah biasa digunakan untuk membuat slide-slide presentasi, diantaranya Macromedia Flash, Macromedia Direktor, Macromedia Authorware, Macromedia Builder dan masih banyak lagi yang tentunya ada tuntutan lebih bagi pemakai atau user untuk bisa menggunakan program ini karena mempunyai perintah program yang berbeda namun nantinya akan menghasilkan sebuah presentasi yang lebih dinamis, menarik dan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi. Contoh dari penggunaan program multimedia authoring ini adalah CD pembelajaran interaktif yang merupakan media pembelajaran mandiri.
Dari sekian banyak program presentasi, hasil atau bentuk dari program presentasi dibedakan menjadi 2 bentuk yaitu presentasi langsung dan presentasi tidak langsung. Contoh dari presentasi langsung adalah seorang guru yang berdiri di depan kelas dan memberikan materi pelajaran kepada siswanya sedangkan presentasi tidak langsung contohnya adalah bentuk komunikasi dari sebuah tabloid yang dibaca oleh pembelinya di rumahnya masing-masing.

Program presentasi adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat slide-slide presentasi sehingga memudahkan user atau pengguna dalam menyampaikan tujuannya. Slide-slide presentasi yang dihasilkan tidak hanya berwujud tulisan yang nanti akan ditampilkan namun bisa menggunakan sound, gambar, animasi bahkan film.
Dalam materi kelas XII Semester 2 ini kita akan membahas 2 (dua) program pembuat animasi. Program tersebut adalah Microsoft PowerPoint 2010 dan Macromedia Flash 8 Profesional dari Macromedia. Harapan dari pembelajaran 2 program presentasi ini, siswa akan mempunyai kemampuan lebih terkait dengan pembuatan program presentasi. Saat ini, memang Microsoft PowerPoint sudah banyak ditinggalkan oleh pengguna, hal ini dikarenakan software ini bersifat berbayar dan bahkan orang umum sudah menganggap jika sebuah presentasi dibuat dengan Microsoft PowerPoint itu sudah biasa, namun kita tetap mempelajarinya karena Microsoft PowerPoint ini masih banyak juga digunakan oleh pengguna karena mudah dalam mengoperasionalkan.
Macromedia Flash 8 Profesional kita pelajari dengan harapan siswa mampu mengembangkan presentasi dalam bentuk lain yang tentunya lebih menarik dan dinamis karena kemampuan desain yang dimiliki oleh Macromedia Flash 8 Profesional.

2. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010
Untuk memulai menggunakan program ini, kita harus menginstall Microsoft Office 2010 terlebih dahulu. PowerPoint adalah bagian dari Microsoft Office sehingga ketika kita menginstall Microsoft Office ke personal komputer atau laptop kita maka otomatis kita akan mempunyai PowerPoint.
Setelah Microsoft Office 2010 terinstall ke personal komputer atau laptop kita maka kita bisa memanggil Microsoft Office PowerPoint 2010 dengan beberapa cara. Yang pertama bisa kita lakukan dengan langkah berikut :
1. Klik Start
2. Pilih All Programs
3. Pilih Microsoft Office 2010
4. Pilih dan klik Microsoft PowerPoint 2010




Tampilan awal setelah kita mengaktifkan Microsoft PowerPoint 2010 akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.



Pada jendela awal tampilan tersebut kita bisa memilih Use Recommended Settings kemudian klik Ok.

Dari gambar diatas, bisa kita lihat tampilan lembar kerja sebuah program presentasi Microsoft PowerPoint 2010 dengan menu dan beberapa fasilitas yang ditawarkannya.
Jika kita perhatikan, tampilan dari Microsoft PowerPoint 2010 yang menggunakan Ribbon menu tidak berbeda jauh dengan Microsoft PowerPoint 2007. Namun jika kita terbiasa menggunakan Microsoft PowerPoint 2003 maka kita harus sedikit mempelajari lagi karena adanya Ribbon menu ini.

Dalam Microsoft PowerPoint 2010 terdapat 8 tab utama yaitu : Home, Insert, Design, Transitions, Animations, SlideShow, Review dan View dan 1 tab tambahan yaitu Add-Ins yang didalamnya akan muncul sub menu dari aplikasi tambahan yang kita install. Di menu Microsoft PowerPoint 2010 ini bisa kita lihat ada beberapa tambahan tab dibandingkan dengan Microsoft PowerPoint 2007.
Sekarang kita akan membahas fungsi dari Ribbon menu dan grup menu yang terdapat didalamnya.
a. Tab File
Pada Tab ini terdapat berbagai macam perintah dasar dalam pengoperasian Microsoft PowerPoint 2010.





b. Tab Home
Pada tab ini terdapat berbagai macam operasi dasar yang dikelompokkan dalam beberapa grup. Dari mengatur, mengedit dan memformat font, mengatur slide dan menggambar bentuk sampai pencarian teks.


c. Tab Insert
Pada tab ini terdapat berbagai grup icon untuk menyisipkan objek, baik itu gambar, clip art, foto, menyisipkan tabel, menyisipkan simbol sampai dengan menyisipkan file multimedia yaitu sound, animasi ataupun film. Di tab ini juga terdapat grup untuk membuat hyperlink.


d. Tab Design
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk pengaturan tampilan slide. Dengan tema yang disediakan pengaturan tampilan slide akan semakin mudah. Untuk mengubah slide sesuai dengan keinginan kita juga bisa kita lakukan ditab ini.


e. Tab Transitions
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk memberikan efek transisi atau perpindahan antar slide. Dengan efek transisi ini maka presentasi akan semakin menarik karena antar slide bisa dibuat gerakan perpindahan yang berbeda.


f. Tab Animations
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk memberi dan mengatur animasi objek yang kita tempatkan dalam slide.


g. Tab SlideShow
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk pengaturan slide ketika ditampilkan. Kita bisa memutar slide presentasi kita dengan menu yang ada disini, dan mengatur tampilan slide presentasi kita sesuai dengan alat ataupun tempat yang tersedia.


h. Tab Review
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk pengecekan tata bahasa, memberikan komentar.


i. Tab View
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah untuk mengatur slide presentasi yang kita buat. Kita dapat melihat dokumen slide presentasi dalam berbagai jenis presentasi selain itu kita juga dapat mengatur objek bantu untuk tampil atau disembunyikan dalam penyuntingan slide.



j. Tab Add-Ins
Pada tab ini terdapat berbagai macam perintah yang otomatis akan masuk ke dalam ribbon menu Add-ins setelah kita menginstall program yang mendukung presentasi. Contohnya disini kita menginstall camtasia studio. Maka kita akan diberikan menu dari camtasia studio tersebut.



3. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk membuat presentasi baru
Untuk membuat sebuah presentasi baru kita pilih menu File lalu pilih dan klik New. Akan muncul tampilan seperti berikut.



Jika kita perhatikan gambar diatas, pada jendela sebelah kanan ada 2 jendela yang aktif yaitu Available Template And Themes pada bagian atas dan Office.Com Templates.
Kita bisa menggunakan Available Template And Themes untuk memulai membuat sebuah presentasi baru dengan memilih blank presentation, Sample templates, themes, atau my templates jika anda mempunyai template sendiri.
Untuk Office.com templates dapat anda pilih dan aktifkan jenis presentasinya jika kita terhubung ke jaringan internet.

1. Blank Presentation
Blank presentation adalah sebuah pilihan dalam membuat presentasi yang akan kita desain sesuai dengan keinginan kita sendiri. Pada balnk presentation ini jika kita pilih maka tampilan awal yang akan kita dapatkan adalah tampilan kosong seperti gambar berikut.


2. Themes
Pada opsi ini, kita bisa membuat sebuah presentasi dengan tema design yang sudah ada pada Microsoft PowerPoint 2010. kita bisa memilih dari beberapa tema yang sudah disediakan. Tampilan ketika kita memilih themes adalah sebagai berikut.



Setelah kita memilih salah satu tema yang kita inginkan kita bisa menekan tombol create yang ada pada jendela sebelah kanan.



Dengan pemilihan tema ini kita tinggal menuliskan apa yang akan kita sampaikan atau presentasikan. Untuk menambah slide kita tinggal mengaktifkan pada slides pane kemudian kita tekan enter atau New Slide pada grup icon Home atau tombol Ctrl+M jika menggunakan keyboard.

4. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk menyimpan presentasi baru

Untuk menyimpan hasil dari slide presentasi yang kita buat, dapat dilakukan dengan menggunakan icon bergambar disket, perintah tab File lalu Save atau Save As atau dengan menggunakan keyboard dengan menekan tombol Ctrl+S secara bersamaan. Penyimpanan ini dimaksudkan agar file presentasi yang sudah kita buat tidak akan hilang jika ada listrik mati atau setelah komputer atau laptop kita matikan.



Dalam perintah penyimpanan di Microsoft PowerPoint 2010 kita akan langsung diberikan details atau rincian dari file yang akan kita simpan. Lihatlah di jendela sebelah kanan pada gambar penyimpanan diatas. Kita langsung bisa mengetahui ada berapa slide presentasi yang akan kita simpan dalam file tersebut, berapa kapasitas file tersebut setelah kita simpan dan masih banyak lagi keterangan yang bisa anda lihat.
Perintah penyimpanan yang pertama kali kita lakukan, antara Save dan Save As akan menghasilkan jendela yang sama yaitu jendela Save As. Perintah penyimpanan yang kedua kali dan selanjutnya akan berbeda fungsi antara penyimpanan Save dan Save As. Penyimpanan dengan perintah Save akan langsung memberikan perintah menyimpan kepada komputer atau laptop pada file yang sama sedangkan jika kita lakukan perintah Save As, maka kita akan diberikan perintah untuk menyimpan file dengan nama atau tempat lain di komputer atau laptop kita.



Proses penyimpanan bisa dilihat dari gambar diatas, setelah menekan tombol save, maka akan muncul jendela Save As, kemudian kita memilih di drive dan folder mana kita akan menyimpan file presentasi tersebut. Setelah kita tentukan lokasi penyimpanan langkah selanjutnya Anda menentukan Save as type yaitu tipe file presentasi yang anda simpan, apakah dalam bentuk gambar, presentasi ataukah file yang lainnya. Jika kita perhatikan, dalam Save as type pada Microsoft PowerPoint 2010 terdapat jenis penyimpanan file dalam bentuk PDF, yang berarti jika kita akan menyimpan presentasi kita ke bentuk PDF sehingga kita lebih merasa aman karena dengan file PDF tersebut maka file kita akan jauh lebih aman dari virus ataupun dijiplak oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu sudah bisa langsung dilakukan di Microsoft Office PowerPoint 2010. kita tidak perlu menggunakan converter untuk melakukannya. Dan jika kita akan menyimpan ke dalam bentuk web yang biasa disebut dengan mempublish itupun bisa kita lakukan. Langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah memberi nama file kita kemudian klik tombol Save.
Dalam proses penyimpanan PowerPoint 2010 kita juga dimudahkan untuk memberikan proteksi dari dokumen yang kita simpan jika memang dibutuhkan dengan maksud jika dokumen yang kita simpan sudah diberikan proteksi maka dokumen itu tidak akan bisa dibuka oleh orang lain atau yang tidak kita kehendaki. Proses penyimpanan dengan proteksi ini sudah diberikan tombol pada saat kita melakukan klik Save yang pertama kali atau Save As. Bisa dilihat pada gambar diatas, terdapat sebuah tombol Protect Presentation. Tombol inilah yang bisa kita gunakan untuk memberikan proteksi dokumen presentasi kita.
5. Guru mengenalkan menu dan icon pada software Presentasi PowerPoint 2010 untuk keluar dari program presentasi
Untuk keluar dari aplikasi Microsoft PowerPoint 2010 dapat kita lakukan dengan beberapa cara yaitu :
1. Menutup slide presentasi tanpa keluar dari Microsoft PowerPoint 2010 :
• Klik menu File
• Pilih dan klik sub menu Close
2. Menutup dan keluar dari Microsoft PowerPoint 2010 melalui menu :
• Klik menu File
• Pilih dan klik sub menu Exit
3. Menutup program Microsoft PowerPoint 2010 dengan klik tombol Close pada window control box
4. Keluar dari Microsoft PowerPoint 2010 dengan keyboard bisa dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+Q, atau Alt+F+X, atau Ctrl+F4.

Kegiatan Akhir
 Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa tentang fungsi menu program presentasi 10 Menit
1. berikan gambaran apa yang Anda ketahui tentang presentasi 2 Menit
2. Sebutkan beberapa program pengolah presentasi yang sekarang Anda ketahui 2 Menit
3. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) sub menu yang terdapat pada menu Edit. 2 Menit
4. Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara mengeklik menu File  Close dan mengklik menu File  Exit 2 Menit
 Penutup 2 Menit

J. Alat/Bahan/Media Pembelajaran :
 Bahan : LKS : Cetakan TIM IT SMAN 1 Wonosobo,
LMS : SMAN 1 Wonosobo/lms,
Blogger : sma-1-wonosobo-tik.blogspot.com
 Alat : Komputer, LCD, Internet

K. Penilaian Hasil Belajar :
Jenis tagihan :
 Penilaian kognitif (Pilihan ganda/tertulis/jawaban singkat)
 Penilaian psikomotorik (unjuk kerja)
 Penilaian Afektif (tingkah laku dan minat)

Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77,00
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77

L. Sumber Bacaan :
 BSE Dikmenum,
 internet,


Wonosobo, 3 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014 NIP. 19780114 200501 1 006