SELAMAT DATANG DI BLOGGER TIK SMA 1 WONOSOBO

Jumat, 28 Oktober 2011

RPP ke-1 Kelas XII Thn Pelajaran 2011/2012 Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

Mata Pelajaran         : TIK
Kelas/Semester        : XII / 1
Tahun Pelajaran        : 2011/2012
Pertemuan Ke          : 1     
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi :
1.    Mengenal Program Aplikasi Pengolah Grafis

Kompetensi Dasar:
1.1  Mengenal Jenis, Tipe dan memilih program Aplikasi Pengolah Grafis

KKM :
     1. 77,00

Indikator:
*  Mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vector dan bitmap
*  Memilih Program Aplikasi Pengolah Grafis

1.   Tujuan Pembelajaran
*  Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan grafis berbasis vector dan bitmap
*  Siswa mampu memilih Program Aplikasi Pengolah Grafis sesuai permasalahan

2.   Metode Pembelajaran
*  Ceramah
*  Penugasan individu

3.   Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
*  Perkenalan                                                                             10 Menit
Guru mengenalkan diri, menyebutkan nama, nomor telepon, e-mail, YM.
Guru menjelaskan tentang system pengambilan nilai yang dilakukan dalam satu semester, meliputi :
a.        kehadiran 10%
b.        Praktikum dan Tugas 25%
c.        Penilaian Kognitif 65%, meliputi Ulangan harian 30%, Ujian tengah semester 30% dan ulangan akhir semester 40%
*  Memeriksa kehadiran siswa                                                       5 Menit
Memeriksa siswa yang tidak hadir dan dengan alasan apa siswa tersebut tidak hadir.
*  Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran dan hasil yang diharapkan  2 Menit
Menyampaikan SK, KD, Indikator dan hasil serta menyampaikan KKM yang harus dicapai dalam KD kali ini.
*  Apersepsi tentang design grafis                                                  3 Menit
Menanyakan kepada beberapa siswa tentang pemahaman design grafis, untuk mengetahui sampai sejauh mana siswa mengerti dan memahami design grafis.
*  Motivasi keunggulan design grafis                                               5 Menit
Memberikan gambaran kepada siswa tentang kegiatan yang bias kita lakukan jika kita menguasai design grafis dengan tingkat mahir.
b.    Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan pengertian dan perbedaan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap                                                                 40 Menit
Materi :
Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari situs http://id.wikipedia.org/
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
2.    Memilih Program Aplikasi Pengolah Grafis                                    40 Menit
c.    Kegiatan Ahir
*  Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator berkaitan dengan pemahaman siswa tentang fungsi menu desain grafis                    10 Menit
1.     berikan gambaran sesuai pemahaman Anda, terdiri dari apa saja bagian-bagian menu pada toolbax Adobe Photoshop 7 ?                            2 Menit
2.     Jelaskan bagian dari Adobe Photoshop !                              2 Menit
3.     Jelaskan fungsi dari menu pada toolbox !                             5 Menit
*  Penutup                                                                                 1 Menit

4.    Alat/Bahan/Media Pembelajaran
Ü  Bahan : LKS, LMS, Blogger
Ü  Alat     : Komputer, LCD, Internet 
Ü  media presentasi
5.   Penilaian
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 77
Sangat baik >=90, Baik  90 -  80, Sedang 80 – 77, Kurang < 77

6.   Sumber Bacaan
F  BSE Dikemnum,
F  internet,

Wonosobo, 1 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                               Guru Mata Pelajaran TIK





Drs. DANANG KUSUMANTO, M.Si. DWI HERU SUSANTO, S.Kom.
NIP. 19620603 198903 1 014            NIP. 19780114 200501 1 006

Untuk mengambil file ini, Anda bisa download pada link berikut.